Liga Eropa 2019/2020 Dituntaskan Dengan Turnamen Mini di Frankfurt

Liga Eropa 2019/2020 Dituntaskan Dengan Turnamen Mini di Frankfurt
Liga Eropa 2019/2020 Dituntaskan Dengan Turnamen Mini di Frankfurt
Trofi Liga Eropa 2019-2020

UEFA dilihat telah merencanakan suatu agenda untuk segera menuntaskan Liga Europa / Liga Eropa 2019 / 2020 dengan menerapkan format mini turnamen. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Mark Ogden, salah satu wartawan dari media ESPN. Ogden menulis pada laman resmi ESPN kalau turnamen miniatur Liga Eropa itu bakal dihelat pada bulan Agustus 2020 mendatang di kota Frankfurt, Jerman.

Berbagai opsi memang tengah digodok UEFA guna menyelesaikan semua kompetisi yang mereka adakan, yaitu Liga Champion dan Liga Eropa. Alhasil mereka pun akhirnya final dengan merubah format Liga Eropa menjadi mini turnamen di 1 kota saja. Cara ini menurut informasi Ogden diambil UEFA untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan krisis akibat imbas pahit dari pandemi virus COVID – 19.

Tadinya sempat juga muncul berita kalau Liga Champion 2019 / 2020 akan diselesaikan menggunakan format yang sama di kota Lisbon, Portugal. Namun, belum ada kejelasan lagi perihal tersebut. Mini turnamen itu sendiri akan bergulir dengan 8 tim kompetitor. Dalam arti lain, mini turnamen baru bisa dilangsungkan setelah dimulainya fase perempat final.

Sejauh ini baik Liga Champion dan Liga Eropa masih menyisakan sejumlah pertandingan di fase 16 besar yang belum bisa terlakoni. Tak heran jika UEFA bekerja keras mati-matian untuk mencari cara guna menuntaskan semua laga sisa tersebut.

Terkait venue mini turnamen Liga Eropa 2019 / 2020, Ogden mengatakan kalau kota Frankfurt dipercaya bisa menjadi solusi, karena didukung dengan infrastruktur yang memadai dalam men support UEFA.

Di Frankfurt sendiri terdapat 1 stadion besar, yaitu Commerzbank Arena milik dari Eintracht Frankfurt. Stadion ini lah yang punya kans besar untuk digunakan sebagai venue dari mini turnamen Liga Eropa 2019 / 2020. Tidak hanya soal venue saja, sejumlah klub lain yang bermarkas di Frankfurt seperti halnya FSV Frankfurt dan juga Rot-Weiss Frankfurt menyatakan bersedia untuk meminjamkan markas mereka untuk dipakai para pemain tim partisipan berlatih. Selain fasilitas sepakbola yang mendukung, Frankfurt juga memiliki airport dengan kapasitas yang cukup untuk menampung para partisipan.

Disisi lain, Bild memberitakan bahwa Frankfurt sebetulnya diam-diam memang mengajukan diri mereka untuk menjadi tuan rumah mini turnamen Liga Champion 2019 / 2020. Akan tetapi dikarenakan UEFA memilih Lisbon untuk event tersebut, Frankfurt dipercaya Federasi Sepakbola Eropa itu untuk menjadi pelaksana mini turnamen Liga Eropa 2019 / 2020.

Terkait keputusan UEFA perihal Liga Eropa ini kemungkinan besar akan disahkan pada tanggal 17 Juni 2020, usai digelarnya rapat Exco (Komite Eksekutif) UEFA. Selain itu pihaknya juga akan terlebih dahulu berdiskusi dengan pemkot kota Gdansk, Polandia, untuk rencananya diminta sebagai tuan rumah acara puncak Liga Eropa 2019 / 2020.